5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Manfaat tidur siang ternyata cukup berpengaruh bagi kesehatan.Berdasarkan beberapa study yang dilakukan oleh para ahli, mereka berhasil menemukan beberapa manfaat tidur siang salah satunya untuk mengurangi kemungkinan kematian akibat serangan jantung.

Sebuah penelitian yang dilakuka di Yunani juga menunjukkan bahwa tidur siang kurang lebih selama setengah jam, dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 37% jika dilakukan minilmal 3 kali seminggu. Selain itu penelitian lain juga mengemukanan ternyata manfaat tidur siang baik untuk kesehatan mental seseorang.

Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan

Meningkatkan Kewaspadaan
Saat Anda merasa mengantuk, maka Anda tidak bisa melakukan dengan semestinya. Oleh karena itu luangkanlah sedikit waktu untuk tidur siang baru kemudian melanjutkan pekerjaan. Sebuah penelitian berhasil mengungkap jika tidur siang 20 menit lebih efektif daripada mengkonsumsi 200 mg kafein.
manfaat tidur siang
Img Src : BBG
Meningkatkan Kerja Memori
Kelelahan yang diakibatkan otak menampung informasi yang berlebihan dapat mengganggu daya konsentrasi anda. Jika anda berfikir untuk tidak tidur siang karena memiliki terlalu banyak tugas yang harus dilakukan, maka asumsi anda salah. Karena sebuah penelitian telah menunjukkan tidur siang setidaknya 30 menit dapat meningkatkan daya ingat Anda karena otak kembali fresh.

Meningkatkan Kreatifitas
Menurut seorang ilmuwan terkemuka yang bernama Sara C. Mednick, tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik Anda.Namun hal ini justru tidak terjadi saat anda tidur di malam hari.

Manfaat Tidur Siang Walau Cuma Sebentar

Meningkatkan kesehatan.
Setiap orang normal membutuhkan tidur setidaknya 8 jam sehari. Kurang tidur dapat menyebabkan meningkatnya hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang dikenal sebagai hormon pemicu stres, dengan tidur siang diharapkan hormon horsitol dapat berkurang dan anda dapat kembali beraktifitas.

Meningkatkan Mood
Kadar neurotransmitter serotonin yang kita peroleh saat tidur siang dapat membuat suasana hati menjadi tenang dan menghilangkan rasa cemas yang berlebihan. Menurut Mednick salah seorang ahli kesehatan, tidur siang dapat menciptakan pandangan yang lebih positif dan menenagkan pikiran anda..

Itulah deretan manfaat tidur siang bagi kesehatan, jika anda sebelumnya menyepelekan tidur siang karena dianggap buang waktu. Semoga dengan membaca artikel ini akan membuat anda sadar akan dahsyatnya manfaat tidur siang.

Komentar